Nanaboshi Electrical Connector
Nanaboshi Electrical Connector

Electrical Connector : Definisi, Jenis, dan Fungsi

2 minutes, 28 seconds Read

Electrical Connector atau konektor yang tertulis pada halaman ini merupakan connector electric yang banyak di gunakan di mesin industry.

Definisi Electrical Connector

Electrical Connector adalah perangkat elektromekanis yang digunakan untuk menghubungkan konduktor listrik dan membuat sirkuit listrik. Kebanyakan konektor listrik memiliki jenis kelamin – yaitu komponen laki-laki, yang disebut steker, terhubung ke komponen perempuan, atau soket. Sambungan dapat dilepas (seperti untuk peralatan portabel), memerlukan alat untuk perakitan dan pelepasan, atau berfungsi sebagai sambungan listrik permanen antara dua titik. Adaptor dapat digunakan untuk menyambungkan konektor yang berbeda.

Jenis Electrical Connector

Ada dua bentuk connector listrik yang paling sering dipakai yaitu bentuk bulat ( circular connector ) dan bentuk bulat ( rectangular connector) dan pada bagian ini yan coba di tampilkan adalah connector dengan brand nanaboshi dari jepang, harting connector dari german, sibas connector dari china dan hirose connector dari jepang.

Konektor listrik adalah perangkat elektromekanis yang digunakan untuk menghubungkan konduktor listrik dan membuat sirkuit listrik. Kebanyakan konektor listrik memiliki jenis kelamin – yaitu komponen jantan, yang disebut steker, terhubung ke komponen betina, atau soket. Sambungan dapat dilepas (seperti untuk peralatan portabel), memerlukan alat untuk perakitan dan pelepasan, atau berfungsi sebagai sambungan listrik permanen antara dua titik.

Electrical Connector Nanaboshi
Electrical Connector Nanaboshi

Fungsi Electrical Connector

Adaptor dapat digunakan untuk menggabungkan konektor yang berbeda. Ribuan konfigurasi konektor dibuat untuk daya, data, dan aplikasi audiovisual. Konektor listrik dapat dibagi menjadi empat kategori dasar, yang dibedakan berdasarkan fungsinya:

  • Konektor inline atau kabel terpasang secara permanen ke kabel, sehingga dapat dipasang ke terminal lain (baik instrumen stasioner atau kabel lain)
  • Sasis atau konektor panel terpasang secara permanen ke peralatan sehingga pengguna dapat menghubungkan kabel ke perangkat stasioner Konektor dudukan PCB disolder ke papan sirkuit tercetak, menyediakan titik untuk pemasangan kabel atau kawat. (misalnya header pin, terminal sekrup, konektor papan-ke-papan)
  • Konektor splice atau butt (terutama konektor perpindahan isolasi) yang secara permanen menghubungkan dua panjang kawat atau kabel Dalam komputasi, dianggap sebagai antarmuka fisik dan merupakan bagian dari lapisan fisik dalam model jaringan OSI.

Electrical Connector Product

Circular Connector Nanaboshi

Industrial Electrical Connector
Industrial Electrical Connector

Safety Plug | Daiwa Dengyo

Daiwa Dengyo Safety Plug
Daiwa Dengyo Safety Plug

Rectangular Connector

Heavy duty Connector TE

Industrial Connector Electric
Industrial Connector Electric

Rotary Connector

Single Rotating electrical Connectors
Single Rotating electrical Connectors

Baca Juga :

Source: Indonesia Industrial Parts – Measurement, Equipment, Electrical & Control (inaparts.com)

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *