Perbedaan Sistem Kerja Pneumatik dan Hidrolik
Perbedaan Sistem Kerja Pneumatik dan Hidrolik

Perbedaan Sistem Kerja Pneumatik dan Hidrolik

8 minutes, 18 seconds Read

Perbedaan sistem kerja pneumatik dan hidrolik paling bisa untuk dilihat perbedaan terbesarnya adalah media yang digunakan dan pengaplikasiannya, dari sini mungkin pembaca akan membaca dimulai dari pengertian dari masing masing sistem kerjanya sampai keunggulan dan kelemahannya.

Pendahuluan Perbedaan Sistem Kerja Pneumatik dan Hidrolik

Sistem pneumatik dan hidrolik memiliki banyak kesamaan. Baik pneumatik maupun hidrolik adalah aplikasi tenaga fluida. Mereka masing-masing menggunakan pompa sebagai aktuator, dikendalikan oleh katup, dan menggunakan cairan untuk mengirimkan energi mekanik. Perbedaan terbesar antara kedua jenis sistem ini adalah media yang digunakan dan aplikasinya. Pneumatik menggunakan gas yang mudah dimampatkan seperti udara atau jenis lain dari gas murni yang sesuai—sementara hidrolika menggunakan media cair yang relatif tidak dapat dimampatkan seperti minyak hidrolik atau mineral, etilen glikol, air, atau cairan tahan api suhu tinggi.

Tidak ada jenis sistem yang lebih populer daripada yang lain karena aplikasinya khusus. Artikel ini akan membantu Anda membuat pilihan yang lebih baik untuk aplikasi Anda dengan menjelaskan dua jenis sistem, aplikasinya, kelebihan, dan kekurangannya. Beban atau gaya yang perlu Anda terapkan, kecepatan keluaran, dan biaya energi menentukan jenis sistem yang Anda butuhkan untuk aplikasi Anda.

Apa itu Pneumatik

Pneumatik adalah cabang ilmu teknik yang memanfaatkan gas atau udara bertekanan untuk mempengaruhi gerak mekanik berdasarkan prinsip kerja dinamika fluida dan tekanan. Bidang pneumatik telah berubah dari perangkat genggam kecil menjadi mesin besar yang melayani fungsi yang berbeda. Sistem pneumatik umumnya didukung oleh udara terkompresi atau gas inert.

Prinsip Kerja Pneumatic
Prinsip Kerja Pneumatic

Sistem ini terdiri dari serangkaian komponen yang saling berhubungan termasuk kompresor gas, jalur transisi, tangki udara, selang, silinder standar, dan gas (atmosfer). Udara terkompresi disuplai oleh kompresor dan ditransmisikan melalui serangkaian selang. Aliran udara diatur oleh katup solenoid manual atau otomatis dan silinder pneumatik mentransfer energi yang disediakan oleh gas terkompresi menjadi energi mekanik. Kompresor yang terletak di pusat dan bertenaga listrik menggerakkan silinder, motor udara, dan perangkat pneumatik lainnya. Sistem pneumatik dikendalikan oleh sakelar atau katup ON/OFF sederhana.

Sebagian besar aplikasi pneumatik di industri menggunakan tekanan sekitar 80 hingga 100 pon per inci persegi (550 hingga 690 kPa). Udara terkompresi disimpan dalam tangki penerima sebelum ditransmisikan untuk digunakan. Kemampuan kompresor untuk mengompresi gas dibatasi oleh rasio kompresi.

Aplikasi Sistem Pneumatik

Sistem pneumatik biasanya digunakan dalam konstruksi, robotika, manufaktur dan distribusi makanan, pengangkutan bahan, aplikasi medis (kedokteran gigi), farmasi dan biotek, pertambangan, pabrik, di gedung, dan peralatan di pabrik. Sistem pneumatik terutama digunakan untuk aplikasi penyerapan goncangan karena gas bersifat kompresibel dan memungkinkan peralatan menjadi kurang rentan terhadap kerusakan akibat goncangan.

Aplikasi Sistem Pneumatik Meliputi:

  • Air compressors
  • Vacuum pumps
  • Compressed-air engines and vehicles
  • HVAC control systems
  • Conveyor systems in pharmaceutical and food industries
  • Pressure sensor, switch and pump
  • Precision drills used by dentists
  • Air brakes used by buses, trucks, and trains
  • Tampers used to pack down dirt and gravel
  • Nail guns
  • High pressure bank’s drive-teller tubes
  • Manufacturing and assembly lines
  • Pneumatic motor, tire, and tools

Keunggulan dan Kelemahan dari Sistem Pneumatik

Sistem pneumatik dipilih di atas sistem hidraulik karena biaya yang lebih rendah, fleksibilitas, dan tingkat keamanan sistem yang lebih tinggi. Sistem pneumatik paling cocok untuk aplikasi yang tidak memerlukan risiko kontaminasi karena menawarkan lingkungan yang sangat bersih untuk industri seperti biotek, kedokteran gigi, farmasi, dan pemasok makanan.

Karena mereka menggunakan udara bersih, kering, terkompresi, sistem dapat dengan cepat mengirimkan barang. Desain lurus dan sederhana mencegah penyumbatan dan mengurangi perawatan. Sistem pneumatik mudah dipasang dan portabel. Mereka dapat diandalkan dan memiliki biaya pengaturan awal yang rendah karena mereka beroperasi pada tekanan yang relatif rendah dan komponen murah yang mengurangi biaya operasi.

 

Tidak diperlukan wadah untuk menyimpan udara yang akan dikompresi karena diambil dari atmosfer sekitar dan disaring (opsional). Seluruh sistem dirancang menggunakan silinder standar dan komponen lainnya. Udara atau gas yang digunakan dalam sistem pneumatik biasanya dikeringkan dan bebas dari kelembaban, sehingga

tidak menimbulkan masalah pada komponen internal.

Sistem pneumatik memberikan pergerakan silinder yang cepat karena laju aliran kompresor udara. Udara sangat lincah dan dapat mengalir melalui pipa dengan sangat mudah dan cepat dengan sedikit hambatan. Sistem pneumatik tersedia dalam berbagai ukuran yang sangat kecil. Sistem pneumatik bersih dan tidak mencemari karena knalpot apa pun dilepaskan ke atmosfer. Sistem pneumatik lebih gesit karena jika sistem perlu mengubah arah, desain dan kontrol yang sederhana memungkinkan operator memperbarui sistem dengan cepat tanpa dampak lingkungan.

Pneumatik lebih murah daripada sistem hidrolik karena udara tidak mahal, berlimpah, mudah diperoleh, dan disimpan. Sistem pneumatik umumnya memiliki masa pakai yang lama dan memerlukan sedikit perawatan karena gas bersifat kompresibel, dan peralatan tidak terlalu rentan terhadap kerusakan akibat guncangan. Tidak seperti sistem hidrolik yang menggunakan cairan yang mentransfer kekuatan, gas menyerap kekuatan yang berlebihan.

Keselamatan adalah keuntungan penting dalam memilih sistem Pneumatik. Karena sistem pneumatik berjalan pada udara bertekanan, kemungkinan kebakaran sangat kecil dibandingkan dengan ledakan atau bahaya kebakaran menggunakan oli hidrolik terkompresi. Ini juga bebas perawatan karena tidak perlu mengganti filter.

Sangat penting untuk menentukan jumlah gaya yang diperlukan untuk aplikasi Anda karena tidak banyak gaya yang dihasilkan dengan sistem pneumatik seperti pada sistem hidrolik. Sistem pneumatik tidak menawarkan gaya potensial yang sama seperti sistem hidraulik sehingga tidak boleh digunakan untuk aplikasi yang memerlukan pengangkatan atau pemindahan beban berat. Udara terkompresi mengalami fluktuasi tekanan udara, sehingga gerakannya bisa tersentak-sentak atau spongy pada saat bergerak atau mengangkat beban.

Silinder yang lebih besar diperlukan untuk menghasilkan gaya yang sama dengan yang dapat dihasilkan oleh ram hidrolik. Dalam hal biaya energi, sistem pneumatik lebih mahal daripada hidrolik karena jumlah energi yang hilang melalui panas yang dihasilkan saat mengompresi udara. Kekhawatiran lain yang signifikan tentang sistem pneumatik adalah kebisingan yang dibuat. Jika digunakan, adalah tanggung jawab pemilik untuk melindungi pekerja mereka dari gangguan pendengaran.

Apa itu Hidrolik?

Hidrolik digunakan untuk pembangkitan, kontrol, dan transmisi daya menggunakan cairan bertekanan. Ini adalah teknologi dan ilmu terapan yang melibatkan sifat mekanik dan penggunaan cairan. Sistem hidrolik memerlukan pompa dan, seperti sistem pneumatik, menggunakan katup untuk mengontrol gaya dan kecepatan aktuator.

Prinsip Kerja Sistem Hidrolik
Prinsip Kerja Sistem Hidrolik

Aplikasi industri hidraulik menggunakan 1 000 hingga 5 000 psi atau lebih dari 10.000 psi untuk aplikasi khusus. Kata hidrolika berasal dari kata Yunani hydor – air dan aulos – pipa. Peralatan berikut diperlukan untuk sistem hidrolik: cairan hidrolik, silinder, piston, pompa, dan katup yang mengontrol arah aliran, yang selalu dalam satu arah.

Sistem hidrolik, tidak seperti sistem Pneumatik seringkali besar dan kompleks. Sistem membutuhkan ruangan yang lebih besar karena diperlukan wadah untuk menampung fluida yang mengalir melalui sistem. Karena ukuran sistem lebih besar, itu membutuhkan lebih banyak tekanan; membuatnya lebih mahal daripada sistem Pneumatik.

Karena ukurannya yang lebih besar secara keseluruhan dan inkompresibilitas oli, sistem hidraulik dapat mengangkat dan memindahkan material yang lebih besar. Sistem hidrolik lebih lambat karena minyak kental dan membutuhkan lebih banyak energi untuk bergerak melalui pipa. Selama konfigurasi dan perencanaan, jika pabrik atau pabrik memiliki beberapa mesin hidrolik, sangat ideal untuk memiliki unit daya pusat untuk mengurangi tingkat kebisingan.

Aplikasi Sistem Hidrolik

Karena risiko potensi kebocoran oli hidraulik dari katup, segel, atau selang yang rusak – aplikasi hidraulik tidak berlaku untuk apa pun yang akan tertelan – seperti aplikasi makanan dan medis. Mereka digunakan dalam berbagai aplikasi mesin sehari-hari:

  • Elevators
  • Dams
  • Machine tools: hydraulic presses, hoppers, cylinders, and rams
  • Amusement parks
  • Turbines
  • Dump truck lift
  • Wheelchair lift
  • Excavating arms for diggers
  • Hydraulic presses for forging metal parts
  • Wing flaps on aircraft
  • Hydraulic braking system in cars
  • Lift cars using a hydraulic lift
  • Jaws of life

Keunggulan dan Kelemahan Sistem Hidrolik

Sistem hidraulik lebih mampu memindahkan beban yang lebih berat dan memberikan gaya yang lebih tinggi karena cairan tidak dapat dimampatkan. Sistem hidrolik melakukan banyak tujuan pada satu waktu, termasuk pelumasan, pendinginan, dan transmisi daya. Alat berat bertenaga hidraulik beroperasi pada tekanan yang lebih tinggi (1 500 hingga 2 500 psi), menghasilkan gaya yang lebih tinggi dari aktuator skala kecil. Untuk menggunakan sistem hidraulik secara efektif, penting untuk memilih komponen berukuran tepat agar sesuai dengan aliran.

Sistem hidrolik adalah sistem yang lebih besar dan lebih rumit. Cairan, seperti oli hidrolik, bersifat kental dan membutuhkan lebih banyak energi untuk bergerak. Sebuah tangki juga diperlukan untuk menyimpan minyak dari mana sistem dapat mengambil dari ketika minyak berkurang. Biaya awal lebih tinggi daripada sistem Pneumatik karena membutuhkan daya yang perlu dimasukkan ke dalam mesin.

Setiap kebocoran dalam sistem hidrolik dapat menyebabkan masalah serius. Sistem ini tidak dapat digunakan untuk aplikasi makanan karena risiko tinggi kebocoran oli hidraulik dari seal, katup, atau selang yang rusak. Prosedur perpipaan yang tepat, pemeliharaan preventif dan teratur, dan memiliki bahan yang benar untuk meminimalkan potensi kebocoran dan untuk segera mengatasi masalah apa pun perlu ada di setiap lokasi.

\Kesimpulannya, perangkat pneumatik paling cocok untuk melakukan tugas teknis dan mekanis skala rendah, sementara sistem hidraulik paling cocok untuk aplikasi yang membutuhkan tenaga lebih tinggi dan pengangkatan berat.

Perbedaan Sistem Pneumatik dan Hidrolik dari Aplikasinya

Kemudian juga terdapat perbedaan pada pengaplikasian alat alat tersebut pada bidang tertentu, seperti hidrolik yang sering digunakan dalam konsep bendungan, sungai, turbin dan bahkan erosi sedangkan pneumatik diterapkan di berbagai bidang kedokteran gigi, pertambangan dan konstruksi umum yang lainnya.

Perbedaan lain antara keduanya yaitu saat diterapkan, kekuatan tekanan yang digunakan dalam aplikasinya. sistem hidrolik menggunakan tekanan dengan jumlah yang lebih besar dibandingkan pada aplikasi pneumatik. Dalam pneumatik, hanya 80-100 psi (pound per inci persegi) dari tekanan yang digunakan untuk aplikasi industri tersebut.

Aplikasi yang berbasis hidrolik sering menggunakan tekanan yang berkisar dari 1,000-5,000 psi. Namun demikian, sistem hidrolik lainnya yang lebih modern bahkan menggunakan tekanan sampai 10.000 psi. Karena permintaan energy yang tinggi ini, sistem hidrolik,  utamanya menggunakan komponen yang lebih besar sedangkan sistem pneumatik menggunakan komponen yang lebih kecil di sebagian besar aplikasi aplikasi.

Demikian artikel tentang “Perbedaan Sistem Kerja Pneumatik dan Hidrolik” dan semoga dapat menjawab pertanyaan anda terhadap artikel terkait, semoga bermanfaat.

Read More Article :

Source : Indonesia Industrial Parts – Measurement, Equipment, Electrical & Control (inaparts.com)

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *