Cara Kerja Flow Switch

Cara Kerja Flow Switch dan Fungsinya

2 minutes, 58 seconds Read

Flow Switch adalah perangkat mekanis yang digunakan untuk mengontrol aliran udara, uap, atau cairan. Sakelar aliran beroperasi dengan menyampaikan gerakan perjalanan (relai, sakelar buluh, dayung) ke mesin lain di dalam sistem, biasanya pompa. Sinyal trip akan menunjukkan kepada pompa untuk menghidupkan atau mematikan. Hal ini diperlukan untuk memberikan perlindungan kerusakan dan pendinginan sirkuit atau menyesuaikan laju aliran yang terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Flow Switch dapat melayani berbagai fungsi dan juga digunakan dalam berbagai aplikasi. Jika seseorang perlu memantau laju aliran atau untuk melindungi pompa, maka sakelar aliran dapat melayani tujuan Anda. Sensor aliran akan mengirimkan sinyal listrik ke PLC atau pengontrol elektronik lainnya.

Definisi Flow Switch

Flow switch yang didefiniskan sebagai sensor aliran atau aliran yang mendeteksi ada tidaknya flow atau aliran pada suatu sistem aliran tertutup maupun terbuka. Biasanya Flow switch akan bekerja menutup atau membuka jika ada suatu aliran atau aliran berhenti tergantung pada output contact yang diinginkan NC atau NO.

Karena fungsi flow switch dianggap sebagai control aliran banyak juga yang menggunakan istilah flow control  atau sensor control aliran. Dan kenyataanya flow switch merupakan jenis sensor flow, sehingga banyak yang menganggap flow switch sama dengan flow sensor yang merupakan bagian sensor flow meter.

Jadi, aliran mengacu pada kecepatan atau gerakan fisik gas, uap, atau cairan di dalam pipa yang memicu aktuasi sakelar aliran. Ketika tidak ada aliran, kecepatan akan turun atau berhenti sama sekali; dalam kedua kasus, sakelar akan kembali ke posisi semula. Penghentian total atau penurunan kecepatan ditunjukkan ketika tidak ada aliran. Juga, penghentian memungkinkan sakelar untuk kembali ke posisi semula.

Fungsi Flow Switch

Flow switch ini banyak digunakan untuk melindungi sistem proses yang tidak sesuai dengan yang direncanakan, sehubungan dengan adanya aliran suatu fluida, seperti :

  • Menjaga Kualitas Produksi dari proses yang terganggu karena kualitas aliran fluida
  • Menjaga Kerusakan Pemicu aliran seperti pompa dari over heaing karena flow rate atau flow velocity tidak sesuai yang disyaratkan
  • Menjaga Mesin dari kerusakan karena over heating akibat system aliran pendingin tidak sesuai dengan yang disyaratkan
  • dan lainya

Cara Kerja Flow Switch dan Jenisnya

Cara Kerja Flow Switch
Cara Kerja Flow Switch

Saklar aliran adalah perangkat yang digunakan untuk memantau laju aliran dan tekanan cairan, udara, atau media gas lainnya melalui suatu sistem. Cara kerja sakelar aliran bergantung pada jenis media dan pengukuran keluaran yang diperlukan. Mereka biasanya terdiri dari mekanisme utama, seperti dayung atau pemicu magnet, yang terhubung ke sensor.

Mekanisme ini ditempatkan dalam aliran media. Aliran menyebabkan sakelar dipindahkan atau dayung diputar, mengirimkan sinyal ke komponen sekunder yang dikenal sebagai transduser. Transduser mengambil sinyal dari mekanisme utama, mengubahnya menjadi sinyal yang lebih berguna dan meneruskannya ke pemancar. Pembacaan tersebut kemudian dibandingkan dengan serangkaian nilai yang telah dikonfigurasi sebelumnya dan memicu sinyal atau tindakan apa pun yang diperlukan untuk menyesuaikan perilaku komponen dan mekanisme di tempat lain.

Prinsip Kerja Flow Switch
Prinsip Kerja Flow Switch

Flow Switch digunakan untuk memantau, melaporkan, dan mengontrol laju aliran media baik melalui bagian tertentu dari suatu sistem atau melalui seluruh sistem, memastikan aliran tetap dalam parameter yang telah ditentukan sebelumnya. Jika laju melebihi atau turun di bawah yang diperlukan, dapat dikonfigurasi untuk memicu alarm eksternal, menyalakan pompa, mengaktifkan katup solenoid untuk mengalihkan aliran atau bahkan mengisolasi bagian sistem…read more

 

Source : Indonesia Industrial Parts – Measurement, Equipment, Electrical & Control (inaparts.com)

Read More Article :

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *