Oil Skimmer : Cara Kerja, Jenis, dan Aplikasi
Oil Skimmer : Cara Kerja, Jenis, dan Aplikasi

Oil Skimmer : Cara Kerja, Jenis, dan Aplikasi

4 minutes, 37 seconds Read

Oil Skimmer adalah perangkat yang dirancang untuk menghilangkan minyak yang mengambang di permukaan cairan. Tergantung pada desain spesifiknya, mereka digunakan untuk berbagai aplikasi seperti respons tumpahan minyak, sebagai bagian dari sistem pengolahan air berminyak, menghilangkan minyak dari pendingin alat mesin dan pencuci bagian berair, dan mengumpulkan lemak minyak dan gemuk dalam pengolahan air limbah dalam makanan industri manufaktur.

Cara Kerja Oil Skimmer

Oil Skimmer digunakan untuk membantu dalam remediasi tumpahan Exxon Valdez pada tahun 1989. Oil Skimmer berbeda dari skimmer sanitasi kolam renang yang dirancang untuk tujuan yang terkait tetapi sama.

Oil Skimmer adalah alat mekanis sederhana yang menyaring permukaan cairan untuk menghilangkan minyak atau lemak yang mengambang menggunakan media skimming. Desain skimmer oli bervariasi sesuai dengan aplikasinya. Skimmer juga menggunakan berbagai jenis media skimming seperti belt, disk dan tali. Efisiensi oil skimmer didasarkan pada dua prinsip dasar fluida, Specific Gravity dan Surface tension.

Specific Gravity dan Oil Skimming

Berat jenis adalah rasio antara densitas satu fluida dan densitas fluida referensi. Ini juga disebut sebagai Kepadatan Relatif. Fluida referensi untuk cairan biasanya air sedangkan fluida referensi untuk gas adalah udara pada suhu kamar.

Minyak dan hidrokarbon biasanya memiliki berat jenis yang lebih rendah daripada air. Artinya, ketika campuran minyak dan air mengendap, minyak biasanya mengapung di permukaan air. Ini adalah tahap pertama pemisahan minyak dari air.

Tegangan permukaan adalah prinsip kedua yang memungkinkan terjadinya skimming oli. Ini mengacu pada afinitas molekul cairan yang dimiliki satu sama lain dan bahan lainnya. Minyak dan air memiliki karakteristik tegangan permukaan yang sangat berbeda. Ini membuat skimming minyak menjadi salah satu cara paling efektif untuk memisahkan dua cairan.

Molekul minyak cenderung memiliki afinitas rendah terhadap molekul air. Ini membuat ikatan molekul lebih baik satu sama lain dan bahan lain daripada air. Saat bersentuhan dengan media skimming, molekul minyak secara alami menempel padanya dan memisahkan diri dari air. Air memiliki afinitas yang rendah terhadap minyak dan bahan lainnya, sehingga mudah lepas dari skimmer.

Jenis Oil Skimmer

Oil Skimmer Bendung

Karena minyak selalu mengapung di permukaan air, skimmer weir adalah cara yang sangat efektif untuk menghilangkannya. Bendung adalah penghalang di dekat permukaan badan air atau wadah yang mengubah karakteristik aliran air. Skimmer ini memungkinkan minyak di permukaan mengalir di atas bendung ke tangki pengumpul untuk dibuang. Skimmer weir dapat memiliki mekanisme penyesuaian ketinggian manual atau otomatis. Penyesuaian ketinggian membantu mempertahankan efisiensinya dalam berbagai tingkat air.

Oil Skimmer Oleofilik

Bahan oleofilik memiliki afinitas tinggi terhadap minyak dan lemak. Mereka menarik dan menyerap molekul minyak lebih mudah daripada molekul air. Skimmer jenis ini menggunakan media oleophilic skimming untuk memastikan bahwa ia mengumpulkan jumlah minyak maksimum dari air. Mereka efektif saat menangani tumpahan minyak dengan ketebalan berapa pun.

Oil Skimmer Non-Oleofilik

Bahan non-oleophilic digunakan ketika skimmer oleophilic tidak sesuai. Hal ini dapat terjadi saat membersihkan cairan seperti pencuci bagian berair alkali yang panas. Skimmer oli non-oleofilik menggunakan bahan sabuk yang memungkinkan oli menempel pada sabuk dan dengan pendakian vertikal, kelebihan air mengalir kembali ke tangki. Skimmer oli sabuk jenis ini sangat ideal untuk berjalan terus menerus untuk kontaminasi oli intermiten. Ini juga menghilangkan minyak sebelum minyak berlebih menumpuk dan menyebabkan masalah lain yang tidak diinginkan seperti pertumbuhan bakteri.

Aplikasi Oil Skimmer untuk Kebutuhan Industri

Wastewater Sumps

Sebagian besar fasilitas manufaktur atau pemrosesan memiliki sistem air di mana limbah minyak dikumpulkan di tangki pusat atau bah. Skimming minyak terapung dengan kadar air sedikit dapat mengurangi biaya pembuangan dan menurunkan kewajiban kontinjensi dari pembuangan air limbah.

Coolants dan Cutting Fluids

Ketika pendingin mesin terkontaminasi dengan minyak gelandangan, empat hal biasanya terjadi:

  • Masa pakai pendingin berkurang;
  • Kualitas suku cadang mesin berkurang;
  • Dalam banyak kasus, asap akan mulai muncul di toko, menyebabkan iritasi pada pekerja di tempat kerja; dan
  • Cairan mengambil bau “telur busuk”. Skimmer minyak yang menghilangkan minyak gelandangan memecahkan masalah ini dan biasanya membayar sendiri dalam beberapa bulan.

Heat Treating

Minyak quench yang harus dihilangkan dari bagian yang diberi perlakuan panas dapat ditangkap untuk digunakan kembali atau dibuang. Hasilnya adalah biaya minyak quench yang lebih rendah, masa pakai air cucian yang lebih lama, dan biaya pembuangan yang lebih rendah.

Parts Washers

Minyak apung mengontaminasi kembali bagian-bagian saat dikeluarkan dari tangki pencuci. Skimmer minyak dapat menghilangkan minyak ini. Manfaat menggunakan skimmer oli adalah suku cadang bebas oli dan masa pakai cairan yang lebih lama.

Food Processing Facilities

Penghapusan minyak nabati, gemuk, dan lemak hewani dari aliran air limbah pabrik mengurangi biaya pemrosesan dan pembuangan.

Steel Mills/Scale Pits

Sebagian besar pabrik baja memiliki lubang kerak di mana lemak dan minyak berat menumpuk. Untuk menghindari denda dari pemerintah dan saringan pasir yang mahal, pabrik baja harus membatasi jumlah minyak dalam air limbah yang dibuang ke lingkungan. Gemuk dan oli yang direklamasi dapat digunakan kembali atau digunakan sebagai bahan bakar tungku, menghindari biaya pembuangan truk pengisap.

Parking Lots, Garages and Service Facilities

Limbah minyak dari kebocoran, tumpahan dan sumber lain harus diambil dari tempat penampungan sebelum air dapat dibuang ke saluran pembuangan badai atau sanitasi.

Outdoor Ponds, Lakes, Basins, Etc.

Di mana minyak terapung hadir, skimmer minyak memberikan penghilangan yang murah dan efektif, memecahkan masalah lingkungan yang serius.

Recovery/Monitoring Wells

Memindahkan minyak, bahan bakar, dan cairan hidrokarbon lainnya dari sumur dapat lebih hemat biaya menggunakan sabuk skimmer daripada pompa sumur bawah. Skimmer oli hampir tidak memiliki masalah perawatan dan dapat mencapai kedalaman 100 kaki atau lebih, menghilangkan produk meskipun permukaan air berfluktuasi. Skimmer minyak dapat menangani cairan yang sangat kental dengan mudah dan beberapa.

Sumber: inaparts.com 

Baca Juga :

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *