Glass Tube Flow Meter
Glass Tube Flow Meter

Glass Tube Flow Meter : Definisi, Prinsip Kerja, dan Aplikasi

4 minutes, 4 seconds Read

Glass tube flow meter pada dasarnya merupakan jenis variable area flow meter atau rotameter yang dimana cara kerjanya tergantung pada luasan penampang tube, Pada aplikasinya material dari jenis flow meter ini tersedia beberapa jenis dari material stainless steel, pvc, teflon hingga alumunium.

Glass tube flow meter banyak digunakan untuk aplikasi pemasangan dengan sistem vertikal dan besaran flow rate bisa langsung di baca. Biasanya menggunakan tabung kaca yang mana bahan dari kaca cukup baik yaitu pyrex glass. Jenis Glass tube flow meter ini banyak digunakan ketika installasi pipa cairan tidak mempunyai area horisontal yang  sehingga tidak terlalu membutuhkan area yang luas.

Untuk aplikasinya, Glass tube flow meter hanya maksimal pada temperature 120 derajat celcius. Sedangkan pressure maksimal pada jenis ini tidak terlalu tinggi hanya pada kisaran 10 bar, Jenis Glass tube flow meter ini hanya tersedia untuk fluida berupa  untuk jenis liquid dan gas. Ketika kita menginginkan untuk pressure working yang lebih tinggi, di kisaran hingga 60 bar bisa digunakan jenis metal tube flow meter.

Akurasi dari flowmeter glass tube biasanya tidak begitu presisi dan maksimal kapasitas flow rate terbatas pada ukuran tabung DN100. Untuk koneksinya sendiri biasanya hnaya ada 3 yaitu menggunakan ulir, flange dan triclap.

Baca Juga : Coriolis Mass Flow Meter

Prinsip Kerja Glass Tube Flow Meter

Pengukur aliran area variabel dasar adalah tipe indikasi Glass Tube Flow Meter. Tabungnya dibuat dengan presisi dari kaca borosilikat, dan pelampungnya dibuat secara presisi dari logam, kaca atau plastik. Pelampung logam biasanya terbuat dari baja tahan karat untuk memberikan ketahanan terhadap korosi. Pelampung memiliki tepi meteran yang tajam di mana pembacaan diamati dengan menggunakan skala yang dipasang di samping tabung.

Fitting ujung dan sambungan dari berbagai bahan dan gaya tersedia. Elemen penting adalah tabung dan pelampung, sering disebut kombinasi tabung dan pelampung, karena bagian meteran inilah yang menyediakan pengukuran. Faktanya, kombinasi tabung kaca dan pelampung baja tahan karat yang serupa umumnya tersedia, terlepas dari jenis casing atau fitting ujung yang dapat diminta aplikasi, untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan sebaik-baiknya.

Prinsip Kerja Rotameter
Prinsip Kerja Rotameter

Skala meter dapat dikalibrasi untuk pembacaan langsung udara atau air, atau mungkin memiliki skala untuk membaca persen jangkauan atau skala arbitrer untuk digunakan dengan persamaan atau grafik konversi. Pengukur aliran area variabel tabung kaca berpelindung keselamatan digunakan secara umum di seluruh industri untuk mengukur cairan dan gas. Mereka menyediakan kapasitas aliran hingga sekitar 60 GPM, dan diproduksi dengan fitting ujung logam atau plastik untuk memenuhi karakteristik kimia dari cairan yang diukur.

Satu-satunya cairan yang meteran ini tidak cocok adalah yang menyerang tabung pengukur kaca, seperti air di atas 90°C (194°F), dengan pH tinggi yang melembutkan kaca; uap basah, yang memiliki efek yang sama; soda kaustik, yang melarutkan kaca; dan asam fluorida, yang mengetsa kaca. Keterbatasan utama pengukur tujuan umum adalah batas tekanan dan suhu tabung pengukur kaca. Tabung kecil, 6 mm (1/4″) cocok untuk tekanan kerja hingga 500 psig, tetapi tekanan operasi untuk tabung besar 51 mm (2″) mungkin serendah 100 psig. Batas suhu praktis untuk pengukur aliran area variabel kaca adalah 204°C (400 °F), meskipun pengoperasian pada suhu tinggi tersebut secara substansial mengurangi tekanan pengoperasian meter. Secara umum, ada hubungan linier antara suhu operasi dan tekanan.

Baca juga : Mass Flow Meter untuk Minyak Goreng

Tri-flat Glass tube meter ukuran 1/16″ – 1/4″

Digunakan dalam ukuran terkecil. Tabung mengembang secara kerucut dalam arah aliran dan berisi tiga flat yang sejajar dengan sumbu pusat tabung meter. Pelampung bola dipandu oleh tiga flat ini di atas seluruh rentang aliran dan ruang minimal antara float dan flat di tabung meteran memastikan assure keterbacaan posisi mengapung bahkan dalam cairan keruh. Pelampung dipandu tepat di tengah meter tabung.

Glass tube meter tabung tirus Ukuran 1/2” hingga 1/4″

juga digunakan dengan pelampung bola untuk mengukur debit yang lebih kecil. Akurasi mereka tidak setinggi sebagai tabung meteran tri-flat dan karena itu hanya digunakan untuk aplikasi sederhana. Bola mengapung di tengah dimasukkan ke dalam tabung meteran tirus polos oleh aliran fluida.

Glass tube meter tirus ukuran 1/2” hingga 2”

Biasanya hanya digunakan untuk kondisi operasi yang ekstrim (guncangan tekanan, pipa getar, dll). Dalam ukuran 2″, nilai akhir rentang aliran yang lebih tinggi dimungkinkan karena area aliran lebih besar daripada di beadguide tabung meteran. Pelampung dipandu oleh pemandu tiang di tabung meteran tirus biasa.

Beadguide meter tabung ukuran 1/2″ hingga 2″

Standar dalam kisaran ukuran ini. Jenis tabung meter ini menggabungkan tiga tulang rusuk yang sejajar dengan sumbu tengah tabung meter dan melakukan fungsi yang sama seperti flat untuk tabung meter tiga datar. Mereka memandu pelampung di seluruh rentang aliran. Di sini juga ruang minimal antara tepi pembacaan float dan beadguides memastikan pembacaan posisi float bahkan dalam cairan keruh. Digunakan bersama dengan bentuk pelampung.

Glass Tube Flow Meter Design
Glass Tube Flow Meter Design

Aplikasi Glass Tube Flow Meter

  • Proses industri
  • Produksi farmasi
  • Proses pemompaan dan pemurnian minyak dan gas
  • Penelitian sel bahan bakar
  • Manufaktur kimia
  • Instrumentasi analitik
  • Sistem pengolahan dan distribusi air

Baca Juga : Prinsip Kerja Flow Meter

 

 

Source: Indonesia Industrial Parts – Measurement, Equipment, Electrical & Control (inaparts.com)

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *