Flow Meter untuk Crude Palm Oil

2 minutes, 6 seconds Read

Flow Meter untuk Crude Palm Oil | Flow Meter CPO

Salah satu minyak yang banyak di gunakan oleh Industri makanan atau Rumah tangga adalah minyak Goreng yang berasal dari Minyak Kelapa Sawit atau dari Crude Palm Oil. CPO atau crude palm oil adalah salah satu produk minyak dari kelapa sawit yang menghasilkan palm olein atau yang dikenal dengan minyak goreng kelapa sawit. Karakter dari CPO yang begitu ektrim dimana masih mengandung asam, getah dan mungkin masih kotor dengan banyaknya partikel serat dari sabut kelapa sawit saat di proses.

Flow Meter untuk Crude Palm Oil
Flow Meter untuk Crude Palm Oil

 Karena Karakteristik dari crude palm oil atau minyak CPO sangat komplek,  maka diperlukan flow meter yang mempunyai keunggulan tertentu dengan akurasi yang tinggi. Berikut ini yang menjadikan alasan pemilihan jenis coriolis mass flow meter :

  • Harga CPO yang mahal membutuhkan flow meter dengan akurasi yang baik, diusahakan akurasi adalah 0.1% .
  • Sifat CPO yang mengandung asam harus di pilihkan flow meter CPO yang tahan korosi
  • Temperature CPO yang pada prosesnya tidak stabil dan diatas standart, sebaiknya menggunakan flow meter yang hasil pengukuranya tidak terpengaruh adanya perubahan temperature.
  • Karena Alasan Proses yang membutuhkan pressure tertentu dan mungkin tidak stabil, maka diusahakan menggunkan flow meter yang tidak terlalu pengaruh pada perubahan pressure.
  • Karena adanya busa atau bubble dalam cairan CPO saat dipompa. Akan rawan terhadap akurasi dan tidak stabil jika menggunakan jenis flow meter volumetrik
  • Karena CPO merupakan cairan yang tidak bersih alias mengandung partikel solid ( kotoran serabut dan getah ) sebaiknya menggunakan flow meter dengan sensor yang  tidak berputar.
  • Dan alasan lainya seperti teknology dan biaya operasional yang murah serta life time yang panjang.

Minyak CPO mempunyai 3 turunan utama, sebagai hasil proses destilasi yaitu palm fatty acid atau minyak asam, palm stearin atau lemak stearin dan palm olein atau minyak goreng. Pada proses pemisahan, 3 jenis minyak tersebut biasanya menggunakan proses destilasi.

Proes ini  menggunakan  temperature dan pressure  yang cukup tinggi dan mempunyai kandungan asam yang kuat. Karena itu flow meter yang cocok untuk proses ini adalah jenis mass flow meter coriolis. Dimana Flowmeter ini menghitung real mass flow dari fluida yang mengalir dan melewati dalam flow sensornya. 

Flow Meter untuk Crude Palm Oil
Flow Meter untuk Crude Palm Oil

Coriolis mass flow meter merupakan jenis flow meter yang secara langsung menghitung mass dari cairan. Efeknya adalah perubahan volume karena perubahan temperature tidak merubah hasil pengukuran dan akurasi penghitungan. Jadi hasil akhir pengukuran  akan lebih stabil baik secara mass maupun voulume karena perubahan viskositas akibat perubahan temperature secara otomatis terkonversi pada coriolis mass flow transmitternya.

Read More: Kofloc Mass Flow Meter and Controllers & Jenis dan Model Coriolis Mass Flow Meter

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *