Vortex Flow Meter : Definisi, Prinsip Kerja, dan Instalasi

Steam Vortex Flow Meter

Definisi Vortex Flow Meter

Vortex Flow Meter adalah perangkat pengukuran aliran yang paling cocok untuk pengukuran aliran di mana pengenalan bagian yang bergerak menimbulkan masalah. Mereka tersedia di kelas industri, kuningan atau semua konstruksi plastik. Sensitivitas terhadap variasi kondisi proses rendah dan tanpa bagian yang bergerak memiliki keausan yang relatif rendah dibandingkan dengan jenis flow meter lainnya.

Vortex Flow Meter beroperasi di bawah prinsip pelepasan vortex, di mana pusaran berosilasi terjadi ketika cairan seperti air mengalir melewati badan tebing (sebagai lawan dari streamline). Frekuensi pusaran yang ditumpahkan tergantung pada ukuran dan bentuk tubuh. Ini sangat ideal untuk aplikasi di mana biaya perawatan yang rendah penting. Pengukur pusaran ukuran industri dibuat khusus dan memerlukan ukuran yang sesuai untuk aplikasi tertentu.

Teknologi pembacaan aliran vortex bergantung pada pengukuran jumlah pulse vortex yang dihasilkan oleh bluff body yang terbenam dalam aliran stream. Bluff body bekerja di dalam meter aliran vortex. Saat aliran melewati tubuh gertakan ini, vortisitas dihasilkan di kedua sisi tubuh gertakan. Laju aliran dapat ditentukan dengan mengukur jumlah vortisitas.

Sejarah Vortex Flow Meter

Theodore von Karman, seorang fisikawan Hungaria-Amerika, adalah orang pertama yang menggambarkan efek di mana objek non-arus (juga disebut bluff body) ditempatkan di jalur aliran yang mengalir cepat, menyebabkan cairan secara bergantian terpisah dari objek. pada dua sisi hilirnya, dan, saat lapisan batas menjadi terlepas dan menggulung kembali dengan sendirinya, membentuk pusaran (juga disebut pusaran air atau pusaran). Dia juga mencatat bahwa jarak antara pusaran itu konstan dan hanya bergantung pada ukuran batu yang membentuknya.

Di sisi badan tebing di mana pusaran terbentuk, kecepatan fluida lebih tinggi dan tekanan lebih rendah. Saat pusaran bergerak ke hilir, ia tumbuh dalam kekuatan dan ukuran, dan akhirnya terlepas atau terlepas. Ini diikuti oleh pembentukan pusaran di sisi lain dari badan tebing. Vortisitas bolak-balik ditempatkan pada jarak yang sama.

Desain Vortex Flow Meter

Vortex Flow Meter biasanya terbuat dari baja tahan karat 316 atau Hastelloy® dan mencakup badan tebing, rakitan sensor pusaran, dan elektronik pemancar, meskipun yang terakhir juga dapat dipasang dari jarak jauh. Mereka biasanya tersedia dalam ukuran flensa dari 1/2 inci hingga 12 inci. Biaya pemasangan meter pusaran bersaing dengan meter lubang dalam ukuran di bawah enam inci. Pengukur badan wafer (tanpa flensa) memiliki biaya terendah, sedangkan pengukur berflensa lebih disukai jika cairan prosesnya berbahaya atau berada pada suhu tinggi.

Bluff Body
Bluff Body

Bluff Body (persegi, persegi panjang, bentuk t, trapesium) dan dimensi telah dicoba untuk mencapai karakteristik yang diinginkan. Pengujian telah menunjukkan bahwa linearitas, batasan bilangan Reynolds yang rendah, dan sensitivitas terhadap distorsi profil kecepatan hanya sedikit berbeda dengan bentuk tubuh tebing. Dalam ukuran, badan tebing harus memiliki lebar yang merupakan fraksi yang cukup besar dari diameter pipa sehingga seluruh aliran ikut serta dalam pelepasan. Kedua, badan tebing harus memiliki tepi yang menonjol pada muka hulu untuk memperbaiki garis pemisah aliran, terlepas dari laju aliran. Ketiga, panjang badan tebing dalam arah aliran harus kelipatan tertentu dari lebar badan tebing.

Mayoritas vortex meter menggunakan sensor tipe piezoelektrik atau kapasitansi untuk mendeteksi osilasi tekanan di sekitar badan tebing. Detektor ini merespon osilasi tekanan dengan sinyal keluaran tegangan rendah yang memiliki frekuensi yang sama dengan osilasi. Sensor semacam itu bersifat modular, murah, mudah diganti, dan dapat beroperasi pada rentang suhu yang luas–dari cairan kriogenik hingga uap super panas. Sensor dapat ditempatkan di dalam badan meteran atau di luar. Sensor yang dibasahi ditekankan secara langsung oleh fluktuasi tekanan pusaran dan ditutup dalam wadah yang dikeraskan untuk menahan efek korosi dan erosi.

Sensor eksternal, biasanya pengukur regangan piezoelektrik, merasakan pelepasan pusaran secara tidak langsung melalui gaya yang diberikan pada bilah shedder. Sensor eksternal lebih disukai pada aplikasi yang sangat erosif/korosif untuk mengurangi biaya perawatan, sementara sensor internal memberikan jangkauan yang lebih baik (sensitivitas aliran rendah yang lebih baik). Mereka juga kurang sensitif terhadap getaran pipa. Rumah elektronik biasanya dinilai tahan ledakan dan cuaca, dan berisi modul pemancar elektronik, koneksi terminasi, dan secara opsional indikator laju aliran dan/atau penghitung.

Gaya Vortex Flow Meter

Vortex Flow Meter merupakan pengukur pusaran cerdas memberikan sinyal keluaran digital yang berisi lebih banyak informasi daripada sekadar laju aliran. Mikroprosesor dalam flowmeter dapat secara otomatis mengoreksi kondisi pipa lurus yang tidak mencukupi, untuk perbedaan antara diameter lubang dan pipa kawin, untuk ekspansi termal badan tebing, dan untuk perubahan faktor-K ketika bilangan Reynolds turun di bawah 10.000.

Pemancar cerdas juga dilengkapi dengan subrutin diagnostik untuk memberi sinyal pada komponen atau kegagalan lainnya. Pemancar pintar dapat memulai pengujian rutin untuk mengidentifikasi masalah dengan meteran dan aplikasi. Tes berdasarkan permintaan ini juga dapat membantu dalam verifikasi ISO 9000.

Beberapa flowmeter vortex dapat mendeteksi aliran massa. Salah satu desain tersebut mengukur frekuensi vortex dan kekuatan pulsa vortex secara bersamaan. Dari pembacaan ini, densitas fluida proses dapat ditentukan dan aliran massa dihitung dalam rentang 2%.

Desain lain dilengkapi dengan beberapa sensor untuk mendeteksi tidak hanya frekuensi pusaran, tetapi juga…Read more

 

 

 

Source: Indonesia Industrial Parts – Measurement, Equipment, Electrical & Control (inaparts.com)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s