Magnetic Water Flow Meter

Electromagnetic Water Flow Meter

Magnetic Water Flow Meter merupakan klasifikasi flow meter yang dimana masing masing dari setiap jenis dari flow meter memiliki keistimewaannya masing masing tergantug dari kebutuhannya, untuk kali ini kami akan bahas tentang Magnetic Water Flow Meter atau Electromagnetic Flow Meter.

Electromagnetic Flow Sensor

Sensor electromagnetic water flow meter dipasang pada posisi tertentu guna mengukur aliran cairan tanpa adanya bagian mekanik yang bergerak sehingga cukup aman terhadap cairan yang mungkin sesekali mengandung kotoran, mengandung asam atau sifat korosif.

Dalam Hal akurasi Electromagnetic water Flow Meter mempunyai akurasi yang cukup tinggi pada range pegukuran yang cukup luas. Karena tidak adanya contact langsung dengan komponen mekanik maka dipastikan pressure dropp krena alat ini bisa diabaikan. Electromagnetic water flow meter bisa dikatakan bebas maintenance. Electromagnetic water Flow Meter digunakan untuk mengukur aliran cairan yang mempunyai konduktivitas minimal 5µS/cm namun ada juga yang mensyaratkan minimal konduktivias 20µS/cm.

Ada beberapa bagian penting dalam memilih dan menentukan spech electromagnetic flow meter untuk bahan linner bisa menggunkan Rubber, PTFE, PU atau yang lain. Sedangkan untuk jenis matrial electrode bisa digunakan SUS316L, Platinum, Titanium, Hastelloy-C. Untuk Matrial Flange dan body cover bisa digunakan satinless steel atau carbon steel.

Seametrics iMAG 4700 Series
Seametrics iMAG 4700 Series

Ukuran dari Electromagnetic flow meters tersedia dari 2″ hingga 30 inch. Sedangkan untuk jenis connection dari electromagneticflow meter ada yang menggunakan drat, flange ( JIS, ANSI atau DIN), Clamp fitting dan buffer. Untuk penempilan luar pada sensor baik itu bahan untuk flange, body dan cover kumparan magnetic ada yang menggunakan carbon steel, stainless steel dan ada juga yang menggunakan non metal sepert PP dan PVC semua pemilihan jenis bahan flow meters ini ditentukan oleh kondisi liquid, area installasi, dan lainnya yang disyaratkan.

Jenis dan jarak installasi

Disamping hal diatas posisi installasi flow meter juga perlu di perhatikan dan biasanya mengikuti petunjuk cara instalasi yang telah di berikan oleh manfacture guna menghindari terjadinya back pressure maupun terjadinya bubble atau terjebaknya udara di dalam flow meter. Karena itu cara installasi flow meter pada pipa yang sudah ada perlu disiasati guna memenuhi prinsip kerja, prinsip installasi dan juga mempertimbangkan installasi pipa yang ada agar biaya installasi tidak terlalu mahal.

Magnetic flow meter ini mempunyai dua bentuk instalasi yaitu jenis installasi in line yang instalasinya dengan melkukan pemotongan pipa dan koneksinya bisa menggunakan flange atau ulir atau waver. Sedangkan bentuk kedua yaitu insertion magnetic flow meter yang cara instalasinya dengan melubangi pipa dan dipasang fitting baik sadle fitting maupun welded fitting kemudian baru sensor magnetic flow meter di masukan kedalamnya.

Insertion water flow meter
flow meter electromagnetic insertion

Cara kerja dari dua type flowmeter magnetic ini sama yaitu mengandalkan induksi listrik sebagai hasil dari adanya tegangan arus sebagai mana hukum faraday. Namun demikian karena prinsip kerjanya berdasarkan induksi listrik maka flow meter magnetic akan bisa bekerja dengan baik jika aliran air di dalam flow meter ini mempunyai konduktivitas yang biasanya diatas 20 micro siemens. Karena itu magnetic flow meter tidak bisa dipake untuk membaca aliran fluida hidro carbon atau air demin yang tidak mempunyai konduktivitas atau konduktvitasnya kecil banget.

Baca Juga : Prosedur Installasi Water Flow Meter Electromagnetic

Saat melakukan Installasi flowmeter magnetic harus di pertimbangkan karakteristik aliran dalam pipa pada lokasi flowmeter. Tujuan dari ini adalah diharapkan aliran air didalam flow meter merupakan aliran laminer dan tidak ada back pressure maupun adanya aliran turbulen.Oleh sebab itu dibutuhkan Jarak pemasangan yang memadai, berdasarkan kondisi instalasi pipa yang dinamakan jarak up stream dan down stream. Berikut ini acuan dasar dan umum  up stream dan down stream sebagai aturan jarak pemasangan flow meter magnetic.

Instalasi electromagnetic flow meter
Instalasi Flow meter electromagnetic

Namun demikian setiap manufature flow meter magnetic mempunyai aturan masing-masing karena itu sebelum melakukan instalasi sebaiknya baca petunjuk instalasinya dengan seksama, agar kita bisa mendapatkan performa flowmeter magnetic sesuai dengan harapan kita.

Spesifikasi Umum Electromagnetic Flow Meter

Accuracy ± 0.5%  ± 0.5%
Repeatability ± 0.2%  ± 0.2%
Humidity 5 to 95% 5 to 95%
Material – Electrode 316 Stainless Steel, Titanium, Tantalum, Hastelloy alloy, Platinum
Liner Rubber, PTFE
Housing Carbon Steel, 316 Stainless Steel
Temperature – PTFE 150oC (Option-180oC)
                        Rubber 80oC
Pressure  10Mpa (Option-1.6, 2.5, 4.0Mpa)
Analog Output  4-20mA, 500 ohms Max. Load
Output Frequency Scaled Pulse Output (Open Collector), Max. KHz
Power Supply  AC220V or DC24V
Communications RS232, RS485, MODBUS, HART
Explosion Explosion ExdIIBT4-T6
Protection  IP65 (Option: IP68)
Connection Flange (DIN, JIS/KS, ANSI)

Electromagnetic Flow Meter Flowmag WMAG30 Series

Flowma wmag30 adalah jenis flow meter electromagnetic yang diaplikasikan pada cairan atau air yang mempunyai conductivity diatas 20 micro siemens, seperti air sumur, air laut, air limbah, air lumpur, air minum, cairam asam, bubur makanan, susu syrup, air gula dan lainnya.

Electromagnetic Flow Meter Flowmag WMAG30
Electromagnetic Flow Meter Flowmag WMAG30

Flow meter electromagnetic Flowma wmag30  mempunyai 2 bagian utama yaitu electromagnetic flow sensor dan electromagnetic flow transmitter atau disebut dengan Converter. Flow sensor electromagnetic berfungsi sebagai sensor penangkap suatu aliran cairan yang berkonduktifitas serta memenuhi hukum faraday. Flow sensor electromagnetic mempunyai sepasang electroda yang menangkap signal suatu aliran untuk dikirim ke converter yang akan diproses sesuai dengan hukum faraday. Guna mendapatkan besarnya angka aliran,

flow Sensor electromagnetic Flowma WMAG30 mempunyai beberapa bagian yang sangat penting untuk di perhatikan terutama jenis materialnya.

Fitur Flowmag WMAG30

Flowma WMAG30 magnetic flowmeter terbaru dibekali dengan Titanium electrode yang di pasang pada sisi dalam dari tabung sensor sehingga flow meter magnetic cukup aman untuk di gunakan pada air yang kotor ataupun air limbah yang kental. Produk ini mempunyai banyak option mulai dari ukuran, liner, electrode yang dapat dipilih sesuai penggunaan.

  • Banyak digunakan di berbagai industri, berkat berbagai pilihan liner
  • Setiap flowmeter hingga DN2600, juga dikalibrasi basah di pabrik.
  • Pilihan elektroda dan pelapis, untuk hampir setiap aplikasi
  • Pengukuran yang andal dalam situasi kerja yang berbeda

Akurasi Flowmag WMAG30

Flowmag WMAG30 magnetic flow meter mempunyai akurasi cukup baik yaitu 0.5% dengan size pipa dari DN10 hingga DN 1800. Namun demikian untuk ukuran besar atau kapasitas aliran yang besar sebaiknya menggunakan yang tipe insertion. Untuk koneksinya bisa menggunakan PN, ANSI dan JIS begitu juga class bisa hingga class ANSI900.

Saat membutuhkan spesifikasi yang custom pada jenis material yang disesuaiakan dengan aplikasi flowmag wmag30 juga memiliki range yang memadai. Untuk jenis material yang disedikan oleh flow meter electromagnetic wamag30 ada beberapa pilihan material.

Untuk material flange dan coil electrode cover tesedia carbon steeal, stainless steel  304 hingga sus316. Jenis flow meter magnetic type WMAG30 memiliki unit pengukuran yang  bisa distetting ke liters, meters cubic, gallons maupun lainya. Yang cukup menarik flow meter ini mempunyai converter yang dilengkapi dengan diplay yang cukup lebar dengan 4 baris. Sehingga kita bisa langsung melihat tampilan bacaan berupaflow rate, velocity dan totalicer serta status flow meternya.

Baca Juga : Ultrasonic Flow Meter

Spesifikasi Flowma WMAG30 Magnetic Flow Meter

Model Tipe Compact, Tipe Remote
Jangkauan Ukuran DN10 DN2600
Electrode Standart Ti
Option Mo2TI, HC, HB, Pt, Ta, Ti, Jenis Kebisingan Rendah
Liner Standart Polyurethane
Option PTFE, PFA, Neoprene, Hard Rubber ( Conductive rubber : >DN100mm)
Model Elektroda Type Standard, Type Scraper (solid content: DN 50)
Medium Conducting medium (solid content: 5%)
Konduktivitas Listrik 5 s/cm (water 20 s/cm)
Akurasi 0.5%RS. (0.2%RS Untuk special)
Akurasi Pengulangan 0.1%
Flow speed Range 0-12m/s
Suhu Medium Compact 90 C, Remote 180 C
Suhu Sekitar -40 65C
Tekanan Kerja 0.6 MPa 4.0 MPa, (Termasuk Super High Pressure)
Kelas Perlindungan IP65, IP67, (IP68 Remote)
EX md  II BT4
Output 4-20mA, Pulse/Frequency, Switch signal
Daya 85-220V AC; 24V DC
Disconnection Timing Termasuk
Blank Pipe Alarm Termasuk
Communication RS485/Modbus, PROFIBUS DP, HART
Language Display Simple Chinese, English, Others.
Flange Standart GB9115, ANSI, JIS, Others

Download Katalog : Catalog Flow meter Electromagnetic WMAG 30

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s