Liquid Turbine flow meter
Liquid Turbine flow meter

Cara Memilih Jenis Flow Meter

3 minutes, 37 seconds Read

Cara memilih flow meter yang merupakan suatu instrumen guna mengukur aliran dari suatu fluida baik liquid (liquid flowmeter), sludge (sludge flow meter) maupun gas (flow meter gas), baik dengan rendah maupun temperatur yang tinggi sekalipun. Dalam memilih jenis flow meter harus disesuaikan dengan kondisi fluid dan fungsi flowmeter itu sendiri.

Cara memilih flow meter anda harus mengetahui karakteristik dari fluida yang diukur oleh flow meter, mulai dari tingkat korosif fluida yang di mana tingkat keasamannya yang tinggi mungkin lebih cocok jika menggunakan flow meter dari bahan PVC/non logam.

Dari hasil penelitian kesalahan terbesar dari pembeli flow meter dan alat instrument lainya ada dua sebab dimana pembeli flow meter tidak mengerti dan memahami bahkan kesulitan merumuskan spesifikasi flow meter yang akan di beli.

Penyebab kedua adalah para penjual flow meter yang dasarnya hanya jualan maunya flow meter yang tersedia atau ready stock segera terjual. Karena itu bisa berakibat fatal sehingga akurasi flowmeter tidak tercapai, manfaat tambahan tidak ada, biaya maintenance sangat tingi dna life time flow meter jadi pendek.

Portable Ultrasonic Flow Meter for Liquid
Portable Ultrasonic Flow Meter for Liquid

Ada banyak jenis flow meter yang digunakan industry yaitu electromagnetic flow meter, ultrasonic flow meter,  coriolis mass flow meter dan lainya. Dan dari segi aplikasi banyak diggolongkan seperti water meter, fuel meter, solar meter, flow meter air, lumpur, limbah, air laut, air sumur dan sebagainya. Ada juga berdasarkan  cara instalasi seperti flow meter clamp on, flow meter portable, flow meter in line, flow meter insertion dan open channel flow meter.

Read more: Jenis Instalasi Flow Meter

Pemilihan Jenis Flow Meter

Sebaiknya sebelum membeli flow meter jangan hanya berdasarkan fungsi dasar yaitu untuk membaca besaran aliran dari fluida, namun lebih jauh harusnya pembeli flow meter harus bisa merumuskan betul tentang life time, budget, biaya installasi, biaya maintenance dan yang terpenting lagi seoptimal apa manfaat flow meter yang akan anda beli.

Banyaknya jenis serta model serta jenis flow meter yang di produksi berbagai manufacture harus menjadi titik kritis para engineer untuk bisa mendapatkan gambaran  berdasarkan aplikasi yang dinginkan dari sesuai dengan tujuan dan kegunaan pemasangan flow meter, sesuai dengan cara dan posisi instalasi flow meter, bisa mendapatkan flow meter yang life timenya lama serta biaya maintenance nya murah.

Untuk fluida yang bertemperatur tinggi tentunya digunakan material lain. Begitu juga untuk tingkat kepekatan material fluida jenis flow meter harus disesuaikan. Untuk fluida yang diaplikasikan pada bahan makanan atau obat-obatan yang menuntut bahan pipa dan bahan flowmeter yang harus food grade lebih cocok kalo dipakai stainles steel SUS 316L. Dan untuk lingkungan yang corisive seperti di laut mungkin body dan flange flow meter lebih pas jika menggunakan stainless steel.

Read more: Cara Kerja Ultrasonic Flow Meter

Menentukan jenis flow meter

Karena dibutuhkan ketelitian dan pemahaman akan karakteristik fluid serta manfaatnya, serta cara kerja Flowmeter dan fungsi flow meter itu sendiri. Ada beberapa variabel yang harus kita tentukan dalam memilih flow meter pada saat penentuan type flow meter dan model flowmeter yang cocok dengan aplikasi yang kita harapkan, varibel pemilihan flow meter tersebut dapat dimasukan kedalam pertanyaan sebagai berikut :

  • Jenis Fluid yang akan digunakan pada flow meter : gas, water, chemical, oil , liquid gas, sludge, dll.
  • Pengukuran flow meter hanya pada flow atau total fluid yang mengalir atau kedua2nya.
  • Viscosity dari fluid, Kebersihan/kekotoran dari fluid (lumpur, banyak kotoran atau bersih) yang mengalir ke flow meters.
  • Tujuan dari Flow meter : sebagai alat ukur flow, total volume, control, switch,  pengiriman sinyal electric yang berfungsi sebagai control ataupun data ke komputer atau Hand phone lewat sms.
  • Perlu tidaknya display pada flowmeter atau electronic signal out put or electrical out put.
  • Besaran ( max dan min ) dari Flow rate, working Pressure, Temperature dari fluid yang akan diukur flow meter.
  • Perlu tidaknya sistem kedap air pada flow meter ( water proof) atau area yang mudah terbakar atau explossive atau  yang setandart.
  • Penggunaan untuk bahan kimia dan makanan seperti tingkat keasaman dari fluid atau perlu food grade untuk matrial flow meter yang sering digunakan di industry obat atau makanan dan minuman.
  • Ukuran dari pipa dimana flow meter ini di install termasuk menggunakan sistem sambungan flange atau ulir atau fitting.
  • Sistem installasi flow meter : Vertical atau horizontal.
  • Keterangan lain yang diperlukan dalam memilih jenis flow meter karena pada dasarnya flow meter bisa dibuat/dipesan sesuai dengan keinginan pemesan (custom)…read more

 

 

 

Source: Indonesia Industrial Parts – Measurement, Equipment, Electrical & Control (inaparts.com)

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *