KUKM Dukung Industri Otomotif

BEKA SI – Mayoritas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM ) yang bergerak industri komponen otomotif masih menghadapi permasalahan seperti permodalan, kapasitas sumber daya manusia (SDM), iklim usaha, akses pemasaran. Padahal, selama ini, potensi koperasi dan UKM tersebut besar dan tersebar di banyak tempat. Di sisi lain bisnis otomotif dan industri pendukungnya seperti komponen otomotif saat ini mengalami peningkatan cukup baik, dan prospek bisnis otomotif di masa mendatang juga masih sangat bagus.

“Karena itu Koperasi dan UKM bidang komponen otomotif, kita genjot kapasitasnya bahkan kita siapkan untuk mendukung kemandirian industri otomotif nasional yang berdaya saing,” kata Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran- Kemenkop dan UKM, I Wayan Dipta usai membuka Temu Bisnis Perluasan Kerja Sama Koperasi dan UKM dibidang Industri Komponen Otomotif di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (2/8).

Untuk mewujudkan komitmen tersebut, menurut Wayan, dibutuhkan strategi dan upaya terencana, terpadu lintas sektor, bertahap dan berkesinambungan dalam rangka peningkatan kapasitas dan wawasan Koperasi dan UKM bidang industri komponen otomotif. Wayan mengatakan, selain di Kabupaten Bekasi dan Karawang (Jabar), sentra Koperasi dan UKM di bidang komponen otomotif juga terdapat di sejumlah daerah.

Seperti, Kabupaten Klaten dan Kab Tegal (Jawa Tengah), Kab Sukabumi (Jabar), Yogyakarta dan Sidoarjo (Jatim). Sedang koperasi dan UKM di bidang komponen otomotif ini antara lain, Ikapeksi (Ikatan Pengusaha Kenshusei Indonesia), Kopik Pulogadung, Apek ( Asosiasi Pengusaha Enginering Karawang), Asosiasi UKM Pendukung Industri, dan Koperasi Industri Komponen Otomotif (KIKO) Jakarta.

 

Belum Terintegrasi

 

Dalam kesempatan sama, President Institut Otomotif Indonesia (IOI), I Made Dana Tangkas menilai, perkembangan industri komponen di Indonesia tidak lepas dari pertumbuhan permintaan yang masih cukup tinggi.

Ini seiring populasi kendaraan di dalam negeri yang cukup banyak. Made mengakui, 95 persen pasar industri otomotif dan turunannya masih didominasi Jepang, sisanya oleh Eropa, Korea dan AS.

sumber

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s