Jenis Positive Displacement Flow Meter untuk oil

2 minutes, 17 seconds Read

Ada banyak tipe dari positive displacement flow meter (PD Flow Meter) terdiri dari: reciprocating piston, oscillating atau rotary piston, tipe dual rotor (spur gear, oval gear, helical gear, rotary vane),dan nutating disc (wobble plate)

Piston Flow Meter

Piston flow meter adalah tipe piston tunggal dan banyak. Mereka berfungsi dengan memutar, berosilasi, atau membalas. Untuk gerakan apa pun, piston memindahkan cairan dengan cara yang sama seperti jarum suntik beroperasi. Setiap perpindahan piston menangkap jumlah cairan yang sama

  • Reciprocating Piston Meters

Biasanya dihubungkan melalui poros engkol dan membuka dan menutup port dalam silinder, meter piston bolak-balik sama seperti dengan mesin piston yang memberi daya pada sebagian besar mobil dan truk. Output sensor biasanya digerakkan dari poros engkol yang berputar dan dapat berupa mekanik, listrik, optik, atau magnetik. Meter ini terutama digunakan untuk mengukur laju aliran yang sangat rendah, turun ke 0,005 cc / mnt.  

  • Oscillating Piston Meters

Biasanya terlihat di layanan air perumahan dan untuk mengukur bahan bakar yang relatif kental, meter ini adalah desain piston tunggal yang berosilasi antara port inlet dan outlet sebagai aliran fluida. Output pengukuran biasanya dicapai dengan memasang magnet pada piston dan pemancar mengambil perubahan medan magnet saat piston bergerak.

Baca Juga :Prinsip Kerja Electromagnetic Flow MeterProsedur Instalasi Water Flow ElectromagneticKelebihan dan Cara Instalasi Flow Meter MagneticKomponen Flow Meter MagneticFlow Meter Air LumpurFlow Meter Air Limbah Pabrik CPO

Gear Flow Meter

  • Spur Gear Flow Meter/Gear Flow Meter
Gear Flow Meter

Gear Flow Meter menggunakan dua gigi bundar yang dipasang di kompartemen yang tumpang tindih. Cairan yang diukur terperangkap dalam lubang gigi gigi dan diangkut dari port inlet ke port outlet karena aliran fluida menyebabkan roda gigi berputar.

  • Oval Gear Flow Meter
Positive Displacement Flow Meter
Positive Displacement Flow Meter

Meter gigi oval memiliki dua gigi berputar berbentuk oval dengan gigi pas yang disinkronkan dan dekat. Jumlah cairan yang tetap melewati meter untuk setiap revolusi.

  • Helical [Gear] Flow Meters
helical flow meter

Menggunakan dua rotor berbentuk sekrup untuk mengiris aliran fluida menjadi volume perpindahan tetap. Orientasi rotor sejalan dengan jalur aliran fluida. Meter ini berputar dengan penurunan tekanan yang sangat rendah, dan dapat berputar pada rpm tinggi membuatnya akurat pada rentang aliran lebar dan kompatibel dengan aplikasi cairan viskositas sangat tinggi.

  • Rotary Vane Meter

Meteran baling putar (rotary vane meter) terdiri dari impeler berputar yang terbagi rata, dalam dua atau lebih kompartemen, di dalam rumah meteran. Baling-baling impeller terus menerus melakukan kontak dengan casing. Volume cairan tetap disapu ke outlet meter dari setiap kompartemen saat impeler berputar.

Nutating Flow Meter

Nutating Disk Flow Meter memiliki disk yang dapat dipindahkan yang dipasang pada bola konsentris yang terletak di ruang berdinding sisi bulat. Tekanan cairan yang melewati ruang pengukur menyebabkan cakram bergoyang-goyang di jalur sirkulasi tanpa berputar pada porosnya. Disk / bola adalah satu-satunya bagian yang bergerak di ruang pengukuran.

Visit Wiratama-ma for more info and price

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *