Cara kerja flowmeter, cara instalasi water flow sensor

Cara kerja flow meter

Flowmeter Yang digunakan untuk mengukur debit air ada berbagai jenis, sesuai dengan cara kerja dan teknologi yang digunakan. Ada jenis flow meter yang cara kerja flow meter berdasarkan kecepatan aliran, berdasarkan perbedaan tekanan,  berdasarkan perubahan temperature, ada yang berdasarkan volume ruangan dan ada juga yang cara kerjanya karena torsi yang diakibatkan oleh getaran atau lainnya.

Jenis flow meter air

Jenis Flow meter yang banyak di gunakan diindustri guna melakukan pengukran debit air adalah Ultrasonic flow meter, Electromagnetic flow meter, Coriolis mass flow meter, Orifice Flow Meter, Positive displacement flow meter, Vortex flow meter, Variable area flow meter, turbine flow meter, paddle wheel flow meter, thermal mass flow meter.

Jenis Flow meter tersebut mempunyai cara kerja berdasarkan teori matematika atau fisika dengan rumusan-rumusan tertentu. Menggunakan variabel yang didapatkan berdasarkan sensor atau lainnya dengan mengacu pada hukum dari teori yang ditemukan ahlinya.

Velocity Flow Meter

Velocity Flowmeters menggunakan teknik yang mengukur kecepatan (v) dari aliran yang dikalkulasikan dengan luasan penanpang jalur aliran guna mendapatkan flow rate Prinsip ini mensyaratkan aliran yang mempunyai karakter laminer. Dengan karakteristik seperti ini di tuntut adanya kepadatan dari liquid dalam artian dalam pipa di haruskan terisi penuh oleh liquid.

Pembacaan velocity biasanya menggunakan sensor yang menghasilkan signal sesuai dengan teknology yang digunakan dan diteruskan ke transmitter atau converte. Dari Converter atau transmitter ini bisa dihasilkan perhitungan flow rate serta output lainya seperti arus dan data.

                                               Baca Juga :

Jenis dari mass flow meter yang paling terkenal adalah coriolis mass flow meter dan thermal mass flow meter. Untuk coriolis mass flow meter ini dapat di gun… read more…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s