FLOW METER MINYAK CPO

Salah satu minyak yang banyak di gunakan oleh Industri makanan atau Rumah tangga adalah minyak Goreng yang berasal dari Minyak Kelapa Sawit atau dari Crude Palm Oil.  CPO atau crude palm oil adalah salah satu produk minyak dari kelapa sawit yang menghasilkan palm olein atau yang dikenal dengan minyak goreng kelapa sawit. Karakter dari CPO yang begitu ektrim dimana masih mengandung asam , getah dan mungkin masih kotor dengan banyaknya partikel serat dari sabut kelapa sawit saat di proses.

                    

Karakteristik dari crude palm oil atau minyak CPO tersebut maka untuk proses pengukuran di perlukan flow meter yang mempunyai keunggulan tertentu yaitu :
  • Harga CPO yang mahal membutuhkan flow meter dengan akurasi yang baik, diusahakan akurasi adalah 0.1% .
  • Sifat CPO yang mengandung asam harus di pilihkan flow meter CPO yang tahan korosi
  • Temperature CPO yang diatas suhu normal sebaiknya menggunakan flow meter yang hasil pengukuranya tidak terpengaruh adanya perubahan temperature, sebaiknya menggunakan mass flow meter.
  • Karena adanya busa atau udara dalam cairan CPO saat dipompa sebaiknya menggunakan flow meter  cpo yang tidak berorentasi volometrik meter tapi berorentasi mass flow meter
  • Karena CPO merupakan cairan yang tidak bersih alias mengandung partikel solid ( kotoran serabut dan getah ) sebaiknya menggunakan flow meter dengan sensor yang  tidak berputar.
  • Karena Alasan Proses dimana Pressure sangat di butuhkan,  maka diusahakan menggunkan flow meter yang tidak terlalu pengaruh pada perubahan pressure.

CPO mempunyai 3 turunan utama sebagai hasil proses destilasi yaitu palm Fatty acid, palm Stearin dan palm olein yang prosesnya banyak menggunakan temperature yang cukup tinggi serta, cukup asam serta sebaiknya menggunkan flow meter coriolis. Coriolis mass flow meter merupakan flow meter yang secara langsung menghitung mass dari cairan sehingga perubahan volume karena perubahan temperature tidak merubah hasil dari pengukuran flow yang lewat flow meter.

Dikarenakan Coriolis flow meter menggunakan material stainless steel untuk type standart ini sudah bisa mewakili syarat industri pengolahan makanan yang menuntut kelas material food grade serta tahan terhadap korosi sehingga bisa juga dikatakan food grade flow meter

Sehubungan harga dari CPO yang tidak murah Coriolis mass flow meter sangat cocok sekali guna mencegah dan mengurangi kerugian CPO dan turunanya, yang disebabkan oleh selisih perhitungan dan pengukuran sebab akurasi dari mass flow meter je nis coriolis ini mencapai akurasi tinggi yaitu 0.5% hingga 0.2 % tergantung spesifikasi yang di inginkan.

Karena Coriolis mass flow meter ini bisa di pesan dengan custem maka bisa digunakan untuk berbagai stadart dari stadart JIS, ANSI, DIN dan lainna begitu juga jenis material bisa juga digunakan untuk asam yang punya PH ekstrim,

read more…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s