Jenis level meter, cara kerja level sensor dan Level Switch

4 minutes, 33 seconds Read

Difinisi Level meter

Level meter adalah alat ukur untuk mngukur dan menentukan ketinggian suatu media baik itu media cair maupun solid seperti powder, biji-bijian atau pasir. Level meter mempunyai jenis yang beragam sesuai dengan type sensor level yang digunakan.

Pada umumnya,  yang dikenal masyarakat adalah level sensor yang digunakan sebagai level switch seperti pada penampungan air atau tandon air di rumah-rumah. Level ini digunakan untuk mematikan dan menghidupkan pompa guna memenuhi tandon air.

Fungsi Level Meter

Level sensorl adalah alat yang digunakan untuk menentukan atau mengukur ketinggian permukaan ( level) atau jumlah cairan atau solid yang mengalir dalam sistem terbuka maupun tertutup sperti tanki. Terdapat dua jenis pengukuran level yaitu pengukuran level padada suatu titik atau pemngukuran aliran secara kontinyu.

Level sensor jenis kontinyu digunakan untuk mengukur level hingga batas tertentu, dengan harapan hasil pengukuranya akurat. Sementara untuk level sensor titik biasanya digunakan untuk menentukan batas ketinggian apakah media tersebut levelnya rendah atau tinggi atau diantaranya.

Dengan diketahui level dari material dalam tanki , maka kita bisa mengetahui jumlah material dalam tanki tersebut dengan satuan unit volume atau lainnya.

Komponen Level Meter

  • Level Sensor
  • Level Transmitter, Level Gauge, Level Control

Jenis Level Sensor

Level Sensor mempunya banyak jenis sesuai dengan teknologi yang di gunakan. Berikut jenis Level sensor yang banyak di gunakan di dunai industri :

1. Float Level Sensor

Float level sensor adalah jenis sensor untuk mengukur ketinggian permukaan cairan dengan menggunakan material yang mengambang. Dimana material ini akan naik turun sesuai dengan ketinggian permukaan cairan.

2. Vibrating or tuning fork

Teknologi Vibrating sensor cocok untuk mengontrol  point level pada material cair maupun padat.  Termasuk bahan yang berbusa, lengket serta bahan powder maupun biji-bijian atau butiran

Jenis sensor ini hanya bisa berfungsi untuk mendeteksi ketinggian dan tidak bisa digunakan untuk mengukur ketinggian. Jadi sifatnya adlah sebagai switch guna menghasilkan contact alarem atau lainnya.

3. Rotary Paddle Level Sensor

Rotary Paddle Level sensor cocok untuk mengontrol  point level pada material padat, seperti powder, pasir atau biji-bijian..  Jenis sensor ini hanya bisa berfungsi untuk mendeteksi ketinggian dan tidak bisa digunakan untuk mengukur ketinggian. Jadi sifatnya aadlah sebagai switch guna menghasilkan contact alarm atau lainnya.

4. Ultrasonic Level Sensor

Level sensor ultrasonic digunakan untuk mendeteksi level zat cair, lumpur maupun powder. Sensor Level Ultrasonic dioperasikan dengan menggunakan gelombang sura ultra pada rentang frekuensi 20 hingga 200 kHz. Gelombang suara yang dikirim ultrasonic transducer akan dipantulkan kembali ke transduser.

Respons sensor level ultrasonic  dipengaruhi oleh tekanan, turbulensi, kelembaban, dan suhu. Untuk mendapatkan hasil yang baik maka transduser ultrasonic  harus dipasang dengan benar.

5. Radar Level Sensor

Radar Level sensor yang uga dikenal sebagai level sensor gelombang mikro, sangat ideal digunakan pada area yang memiliki temperature bervariasi, lembab, berdebu, atau uap. Gelombang mikro mampu menembus suhu dan lapisan uap yang dapat menimbulkan masalah untuk jenis sensor ketinggian air lainnya.

Hal ini disebabkan kemampuan gelombang mikro mampu bekerja dengan baik pada material dengan konstanta dielektrik tingg. Material  seperti logam dan air konduktif akan memantulkan gelombang mikro.  Begitu juga untuk mterial dengan konstanta dielektrik rendah (kaca, plastik, bahan makanan, kertas) akan menyerap gelombang mikro dengan berbagai tingkatan.

Radar Level sesnor juga cocok digunakan dalam ruang hampa karena menggunakan  gelombang mikro yang merupakan energi electromagnetic jadi tidak tergantung pada molekul udara untuk melakukan perambatannya.

6. Pressure Level Sensor

Pressure level sensor pada dasarnya hampir sama dengan cara kerja timbangan yang menggunakan parameter besarnya [ressure yang dihasilkan oleh cairan dalam tanki.

7. Capacitance Level sensor

Capacitance Level sensor digunakan untuk mendeteksi kadar cairan yang dioperasikan dengan menggunakan probe untuk memantau perubahan level. Perubahan ini dikonversi menjadi singnal analog yang dikirim ke level trasnmitter. Probe biasanya terbuat dari konduktor dengan insulasi PTFE.

Sedangkan probe dari bahan stainless steel sangat sensitif, oleh karena itu cocok untuk mengukur material granular, material non-konduktif dengan konstanta dielektrik rendah. Capacitance sensor Level mudah digunakan dan dibersihkan karena tidak memiliki komponen bergerak. Mereka umumnya digunakan dalam aplikasi yang melibatkan suhu dan tekanan tinggi

8. Optical Level Sensors

Cara memilih Jenis Level Sensor

Karena Type Level sensor beragam,  kita harus mengetahui variabel apa aja yang dibutuhkanl. Agar pemasangan level sensor bisa memebrikan manfaat yang maksimal sesuai dengan tujuannya. Berikut ini beberapa pertanyaan yang harus diberikan jawabannya sebelum menentukan type maupun model level sensor :

  • Jenis Material yang di ukur : Liquid or Solid
  • Berapa Max Pressure dan max Temperature :
  • Apakah tujuan pemasangan : sebagai level switch atau ebagai level meter atau keduanya
  • Berapa Beasr : max level dan min level
  • Apakah Bahan Cairan  homogen atau hetrogen sehingga terdapat endapan
  • Apakah dalam tanki terdapat busa atau uap pada permukaan cairan
  • Apakah dibutuhkan jenis level sensor yang bersentuhan dengan cairan atau yang non contact
  • Tampilan data yang diinginkan mohon di informasikan seperti out put analog, data, relay atau tamplan digital

Cara Kerja Level Sensor

Level sensor adalah bagian terpenting dari level meter  yang di gunakan untuk mendeteksi ketinggian dari suatu media baik berupa bahan liquid maupun solid. Bahan Liquid yang diukur bisa berupa air, minuman, beer, cairan kimia, sabun cair maupun bahan bakar gas yang masih cair seperti LNG atau LPG. Dan untuk solid bahan yang di ukur bisa berupa lumpur, kerak atau endapan cairan, biji-bijian, pasir, tepung atau lainnya.

Level sesnor mempunyai cara kerja sesuai dengan teknologi yang digunakan dan berikut ini beberapa cara kerja level sensor yang banyak digunakan didunia industry :

Installasi Level Meter

Untuk Instalasi level meter yang paling umum adalah dengan memasang serta memasukan level sesnor kedalam tanki lewat atas tanki dengan membuat lubang atau lewat man hole. Selanjutnya sensor tersebut di hubungan dengan Level gauge atau jika menggunakan jenis electric di sebut dengan Level trasnmitter

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *