Jokowi Beberkan Kunci Produk UMKM Bisa Tembus Pasar Ekspor

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo tidak sungkan mengungkapkan kunci keberhasilan sebuah usaha UMKM di dunia. Hal ini bisa menjadi acuan bagi negara-negara anggota IORA.

“UMKM yang mengekspor itu keuntungan usahanya lebih besar, kedua bisa ciptakan lapangan kerja lebih banyak, ketiga bisa menciptakan inovasi yang lebih baik dan lebih banyak,” kata Jokowi saat membuka IORA Business Summit 2017 di JCC, Senayan, Jakarta, Senin (6/3/2017).

“Bagi usaha kecil dan menengah, bagi wanita, bagi pengusaha muda, yang namanya mobile internet itu secara otomatis jangkauannya langsung nasional, sudah langsung regional, bahkan sudah langsung internasional, sudah global,” imbuh Jokowi.

Tinggal memastikan seluruhnya terkoneksi dengan baik melalui berbagai aplikasi, komunitas, marketplace, dan payment system. Secara teknis hal ini tidak sulit. Tinggal bagaimana menentukan model bisnis yang akan dilaksanakan.

“Dan business model seperti apa yang menghasilkan omzet yang stabil, profit yang cukup, tingkat pertumbuhan menarik sehingga menarik untuk investasi secara berkelanjutan,” pungkas Jokowi.

sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s