CARA MEMBUAT ICE CREAM

Bagi para penggemar ice cream atau es krim maupun frozen yogurt  tentunya ingin mengetahui bagaimana proses pembuatan ice cream dan juga cara kerja mesin ice cream dan komponen atau hal-hal yang berhubungan dengan ice cream atau frozen yoghurt mulai dari mesin pembuat ice cream, bahan ice cream dan aksesoris lainnya seperti topping ice cream, cone ice cream atau wafel ice cream serta cita rasa ice cream.

KOMPOSISI ES KRIM

Terdapat  lima komponen penyusun es krim: Krim, Skim, Air, Gula dan Stabilizer. Kadar air dalam es krim antara 60%-62%, jika air terlalu banyak maka es krim menjadi kasar, jika air terlalu sedikit maka es krim akan menjadi terlalu padat. Untuk bisa creamy, 60%-62% itu sudah ukuran yangsesuai dan tepat karena telah mengalami pengujian dan penelitihan oleh para ahlinya dalam literature ice cream. Sehingga bisa di anggap kopmosisi bahan non cair atau kadar bahan kering adalah 38%-40%.

MANFAAT KRIM

Seperti diketauhi bahwa Krim adalah bagian yang paling banyak mengandung lemak pada susu., dan bagaimana cara mengetahui tetang krim bisa dilakukan dengan memanaskan susu sapi sampai suhu pasteurisasi sekitar 80 derajad celcius, kemudian dinginkan agak lama sampai muncul selaput yang makin lama makin tebal. Selaput inilah yang dinamakan krim, memang cuma sedikit karena kadar krim dalam susu sapi hanya 3.5%. Fungsi dari krim ini adalah memberikan aroma susu dan mencegah pembentukan kristal yang terlalu besar. Pada dasarnya krim adalah lemak, namun demikian krim ini bisa didapat dari bahan selain susu yaitu santan kelapa atau telur. Namun demikian dengan menggunakan krim dari bahan lain akan timbup persoalan yaitu akan berkurangnya/hilangnya aroma susu diganti menjadi aroma santan atau aroma telur. Bagi yang ingib berkreasi bisa juga dilakukan experiment dengan mencapur ketiga lemak tersebut yaitu dari susu, santan dan telur dan bagaimana komposisinya tersera selera kita. Tapi tidak semua lemak bisa kita pakai untuk es krim, mentega atau korvet akan membuat es krim tidak bisa bagus, lemak dari susu kedelai bisa juga digunakan namun aroma es krim menjadi sedikit aneh. Jadi yang direkomendasikan adalah lemak susu, lemak telur dan lemak santan.

Karena itu sebaiknya  … read more…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s