Cara instalasi flowmeter magnetic

8 minutes, 6 seconds Read

Pemasangan flow meter magnetic dari posisinya harus mengikuti kaedah yang disaratkan oleh manufacture terutama jarak up stream dan jarak down stream. Installasi flow meter yang tidak mengikuti syarat tersebut bisa berakibat akurasi flow meter  tidak sesuai dengan yang di inginkan dan bisa juga berakibat flow meter tidak bisa membaca aliran atau blank. Berikut ini gambaran umum jarak upstream dan down stream yang harus di perhatikan sebelum melakukan installasi magnetic flow meter.

range pipe of Installation method

Namun aturan jarak instalasi flow meter diatas hanya mengacu pada manufacture tertentu karena itu sebaiknyya sebelum melakukan instalasi sebaiknya di ikuti aturan seperti yang ada pada manual operasional atau cara installasinya yang dikeluarkan oleh manufacture yang memproduksi flow meter tersebut.

Setelah posisi sudah di tentukan matikan aliran air dalam pipa dan buang sisa air yang ada di dalamnya kemudian lakukan pemotongan pipa dengan jarak disesuaikan dengan panjang flowmeter air yaitu jarak flange to flangnya. Kemudian pasang Flange yang sesuai dengan flange flow meter dengan welding, usahakan posisi dari sensor electrode berada pada posisi depan belakang bukan atas dan bawah dan umunya dengan posisi converter atau sensor cable ada di posisi atas  dari pipa seperti gambar diatas.

Sebelum cable di connect ke flowmeter air sebaiknya dilakukan pengecekan kebocoran pengelasan dengan membuka valve atau menghidupkan pompa dan setelah aman dari kebocoran di teruskan dengan pemasangan cable. Untuk type remote hendaknya pastikan jarak sensor terhadap transmitter agar kabel mempunyai panjang yang cukup.

Serta cek power yang digunakan apakah menggunakan 220 VAC atau 24 VDC atau menggunakan battery. Kesalahan tegangan listrik akan berakibat pada rusaknya transmitter dan coil dari sensor. Untuk jenis remote dengan kondisi magnetic flow sensor  kemungkinan terendam air,  baik karena hujan maupun banjir sebaiknya cek dan pastikan IP class pada magnetic flow sensor IP68 atau class waterproof.

wiring electromagnetic flow meter wiring power input of electromagnetic flow meter

Dan yang tidak kalah pentingnya pemasangan grounding terutama untuk instalasi flow meter air pada pipa non metal seperti pada pipa HDPE atau PVC sebaiknya menggunakan grounding ring maupun grounding yang langsung di tanam ke bumi, hal ini penting untuk menjaga kestabilan dari performa magnetic flow meter

grounding of electromagnetic flow meter

Untuk instalasi magnetic flow transmitter atau converter di out door pastikan mempunyai ketahanan terhadap cuaca hujan dan panas atau tersiram air dengan class weatherproof atau kalo tidak sebaiknya di lindungi dengan pannel box. Kemudian hubungkan kabel dari flow sensor ke transmitter dan sebaiknya kabel di lindungin dengan conduite agar tidak terjadi kerusakan kabel karena terinjak atau sebab lainya.

Langkah selanjutnya bisa dilakukan pengecekan tampilan aliran pada displayatau converter dengan menghidupkan power dan menghidupkan aliran dengan membuka valve atau menghidupkan pompa. Selanjutnya lakukan pengecekan unit satuan flow rate, satuan volume serta lainya dan diteruskan dengan pengecekan aliran pada flow rate dan jika anda merasa flow rate tidak sesuai lakukan pengecekan parameter diameter pipa, frekwensi, jenis sensor, parameter faktor kaliberasi dan parameter lainya yang  bisanya terdapat pada menu menu yang ada diconverter.

Apabila di butuhkan analog output seperti signal, 4-20mA ataupun comunication RS485 atau yang lainya, silahkan pasang kabel pada terminal disebelah terminal power yang tersedia.  Kemudian hubungkan kabel tersebut pada peralatan yang di inginkan dan pada saat analog ouptut ini di butuhkan jangan lupa melakukan setting out put dan melakukan kaliberasi out put dengan cara mengetes output atau bisa dengan cara kaliberasi volumetrik.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *